05 October, 2015

Kira-Kira Sosial Media Versus SEO Menang Mana bro?

Untuk bisnis online berbasis UKM (Usaha Kecil Menengah) antara SEO dan Sosial Media sebenarnya tidak berlawanan, akan tetapi saling menunjang satu sama lain.

Dalam internet marketing, SEO merupakan suatu tehnik bagaimana menempatkan sebuah website layanan produk, jasa atau berita pada sebuah kata kunci yang di bidik untuk meningkatkan traffic atau kunjungan ke dalam blog atau website yang bersangkutan. Sehingga informasi tentang layanan atau sesuatu yang di jual bisa sampai tepat ke target sasaran. ((:jiaahh, kaya obat sakit kepala!!).

Begitu juga dengan Sosial media, kita tahu keunggulan sosial media seperti apa. Namun terkadang, ada saat di mana kita salah melakukannya. Misalnya karena obsesi yang terlalu berlebih. Kemudian kita melakukan terlalu banyak taging atau menandai orang-orang tentang produk kita. Berkomentar di blog orang lain dengan segudang link, mengumpulkan banyak alamat email dan memborbardir email tersebut dengan layanan-layanan atau produk-produk yang belum tentu di butuhkan oleh si empu email. Apalagi untuk mengumpulkan alamat email via internet itu adalah perkara yang sangat mudah. Atau kata lainnya bisa di bilang melakukan SPAM terarah dan terlalu sering.

Dulu, pada awal internet baru mulai berkembang cara ini bisa di bilang efektif, karena ada respon baik ketika kita menandai orang tentang informasi produk kita. Tapi itu cerita  tempo dulu. Saat ini orang lebih pintar mencari apa yang benar-benar mereka butuhkan akan produk atau jasa yang ingin mereka beli atau pergunakan.

Dalam hal ini maka pencarian menjadi penting, salah satu ujung tombaknya ujung-ujungnya yang di pergunakan adalah search engine (mesin pencari). Namun sayangnya tidak semua orang menguasai tehnik SEO. Walaupun harus di akui untuk target yang di tuju, SEO sedikit lebih unggul di banding sosial media.

Apakah untuk seorang yang ingin mempromosikan produk dan jasanya harus berhenti?, tentu saja tidak. Jika Anda adalah seorang yang berkecimpung di bisnis UKM online dan mempergunakan internet sebagai salah satu ujung tombak penjualan. Tentu saja itu adalah pemikiran yang konyol.

Lalu bagimanakah mengatasinya?

Untuk pemilik UKM tentu saja ada ketebatasan modal, jika ingin mempromosikan produk atau jasa secara konstan tentu ongkos yang di keluarkan juga besar. Mentor saya pernah bilang bahwa penjualan dalam bisnis online itu adalah sebuah seni.

Artinya apapun produk Anda "tiupkan" sedikit sentuhan pada produk Anda, sehingga bisa menimbulkan minat kepada target yang di bidik, kata lagi "be creative".

Dan ia melanjutkan lagi, untuk menjual jadilah seorang perayu, dan jangan ragu. Ciptakan idiom-idiom yang menarik untuk produk atau layanan jasa Anda. Sehingga ketika ada orang yang kebetulan melihat layanan atau produk Anda menjadi penasaran, dan ingin tahu lebih banyak lagi.

Berhenti melakukan taging dan SPAM, walaupun dalam bisnis online via internet SPAM memang tidak bisa di hindari. SPAM adalah seperti kartu seri dalam permainan ceki pada remi. Jika Anda menggunakan sosial media lakukan SPAM hanya di dalam timeline, walaupun memang harus di akui masih saja ada yang terganggu dengan hal itu. Namun Anda tidak perlu memusingkannya, toh Anda melakukan di timeline, dan perlu di ingat timeline adalah zona aman untuk melakukannya.

Pergunakan hastag (tagar #) yang terkait layanan jasa atau produk Anda. Untuk menjaring target pembeli yang memang membutuhkan produk Anda.

Selanjutnya perkuat blog Anda dengan artikel yang terkait produk atau layanan jasa Anda, untuk target SEO. Artikel tidak selalu harus langsung melakukan penjualan, tetapi lebih kepada kuatnya tulisan konten seputar layanan atau produk Anda.

Contoh misalkan layanan atau produk Anda adalah baju/busana. Buat artikel tentang cara, tips dan trik memilih baju yang baik misalnya. Atau apapun sesuai dengan kreatifitas Anda sendiri. Lakukan update artikel secara berkala dan sering di dalam blog Anda. Anda tidak perlu menjadi ahli SEO terlebih dahulu untuk melakukannya.

Salah satu rahasia kecil SEO itu adalah konten-konten yang berkwalitas di blog Anda secara otomatis akan mendongkrak produk dan layanan jasa Anda sehingga mudah di temukan di dalam mesin mencari.

Memang tidak langsung, ke produk atau layanan jasa Anda, akan tetapi jika hal ini berhasil di lakukan, maka si pembaca akan mencari lebih banyak tentang yang Anda tulis tersebut di dalam blog dan ujung-ujungnya mereka akan menemukan layanan jasa atau produk Anda pada akhirnya. Dan kesempatan penjualan jadi terbuka lebih lebar ...:))

Akhirnya memang ada banyak cara yang bisa di tempuh. Namun dengan ketebatasan modal yang Anda miliki, perkuat dua ujung tombak itu, sebagai langkah awal yaitu sosial media dan SEO. Buang jauh-jauh rasa malas Anda. Salah satu kegagalan promosi dalam UKM online adalah bukan karena keterbatasan modal, akan tetapi di sebabkan oleh rasa malas Anda sendiri.

Selebihnya, silahkan memikirkan cara-cara lain yang lebih kreatif dan kembali perlakukan promosi penjualan bukan sebagai beban akan tetapi sebagai sebuah seni yang menyenangkan.

Well, selamat berpromosi dan menjual salam (;

0 komentar:

Post a Comment


Copyright © 2016 Photoshop blog dan Blogger