10 October, 2015

Cara Menjual Produk Olahan Seni Digital (bag.1)

[Bag.1] Menjual Produk Seni Digital Berupa Art Print Digital Art ||

Sekarang dengan merebaknya teknologi, merupakan kemudahan untuk menjual seni hasil olahan digital. Banyak cara yang bisa di lakukannya seperti misalnya menggunakan layanan website print art. Atau bisa juga memasarkan sendiri jika Anda memiliki sebuah alat untuk memproses hasil olahan digital tersebut menjadi barang fisk seperti lukisan, cover handphone, mug, atau yang lainnya.

Namun permasalahanya teknologi atau peralatan untuk mencetak hasil olehan digital sangat mahal. Jadi mau tidak mau kita harus menggunakan layanan website art print. Di Indonesia sendiri kelihatannya belum ada yang melirik ke layanan website penyedia layanan print art ini. Namun jika pun ada kemungkinan belum begitu banyak di kenal. (Jika kebetulan Kamu melihat artikel ini mohon, saya di beri tahu jika ada layanan sejenis ini yang khusus hanya untuk di Indonesia ;)

Sementara di luar negri banyak sekali layanan print art berupa komunitas seniman (artists) dari seluruh dunia yang penggunanya bisa mendaftar secara gratis. Kemudian mengupload hasil olahan gambar tersebut berupa gambar dengan ektensi file .JPEG dengan resolusi yang tinggi 300 pixel/inch. Yang nantinya gambar tersebut bisa di cetak dan menjadi bentuk fisik seperti lukisan ber-figura, mug, bantal, cover hp, poster dll.

Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menjual produk tersebut. Karena kebanyakan penyedia layanan website tersebut banyak sekali yang berada di luar negri, jadi mau tidak mau kita harus memahami dan bisa untuk berbicara dalam bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.

Kalau belum bisa, kita bisa belajar bahasa Inggris dari sekarang. Hal ini penting untuk berkomunikasi jikalau ada orang yang melihat portofolio artwork kamu dan menjadi sangat tertarik untuk membelinya.

Kalaupun bisa hanya sedikit bicara bahasa Inggris, tidak apa-apa PD (percaya Diri) aja lagi :)), salah-salah sedikit mah, wajar... dan dari kesalahan itu kita jadi bisa lebih banyak belajar, bukan?



Berikut adalah beberapa layanan yang bisa di manfaatkan untuk menjual hasil olahan digital Anda. Seperti misalnya hasil seni digital manipulasi foto. Untuk seni digital manipulasi foto yang harus di perhatikan adalah, pertama pastikan kamu menggunkan foto milik Anda sendiri, namun jika Anda menggunakan foto milik orang lain pastikan Anda menggunakan foto dari public domain picture yang penggunaannya bisa di lakukan dan telah mendapat izin untuk menggunakan foto itu untuk komersial sekalipun.

Di samping itu, yang paling aman adalah dengan menjual hasil olahan seni digital berupa seni lukis digital (digital painting). Biasanya seni lukis digital tidak memasukkan unsur foto ke dalamnya jadi bisa di bilang lebih aman dan tidak memerlukan persetujuan hak cipta jika Anda sendiri yang membuatnya, tentu saja :)

Oke apa saja layanan website yang bisa di manfaatkan kamu bisa melihatnya di artikel ini : 250 lebih tempat layanan website untuk menjual artwork (seni digital)

Hmm, menarik yah!, sip dech selamat menjual seni digital Anda, salam ;)

|| Gambar ilustrasi PrintArt capture dari akun deviantArt  : http://depalpiss.deviantart.com

1 comment

  1. Menarik infonya, baru tahu ternyata ada tempat khusus untuk menjual karya olahan digital. Sepertinya mas superblog juga aktif menjual karyanya di sana

    ReplyDelete


Copyright © 2016 Photoshop blog dan Blogger