24 January, 2014

3 Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

Mungkin banyak diantara para pembaca yang masih bingung kenapa wordpress nya ga bisa diinstall plugin atau theme terbaru, padahal pas lihat tutorial di Super Blog kayaknya plugin nya menarik untuk dicoba, sayangnya di wordpress nya ga ada pilihan ‘add new plugin’. Nah ini artikel yang kamu wajib baca.


1. Wordpress.com Gratis, Wordpress.org juga Gratis

Anggap aja wordpress itu software untuk blogging, nah software nya gratis. Tapi kan software itu harus diinstall dulu baru bisa dipake, nah install nya bukan di harddisk komputer, tapi di server. Kalo kamu pernah denger hosting, itu maksudnya penyewaan server untuk diinstall wordpress, jadi ntar software wordpress nya harus diinstall dulu di hosting baru bisa dipake.

Wordpress.com

Di wordpress.com, wordpress udah otomatis terinstall di hosting punya Automattic, kamu tinggal daftar aja, abis itu kamu udah bisa langsung nge-blog. Untuk alamat blog nya, kamu bakal langsung dapet url blog berakhiran .wordpress.com. Contoh : orangganteng.wordpress.com

Wordpress.org

Kalo wordpress.org, kamu harus keluar duit buat bayar sewa sendiri hosting dan beli domainnya juga. Untuk paket hosting + domain .com di Indonesia harganya sekitar 200 ribu per tahun. Enaknya, kamu bisa pake url blog terserah kamu. Contoh : orangganteng.com

Tapi sebenernya yang pake wordpress.com juga bisa kok pake domain semaunya, tapi ntar beli nya ke pihak Automattic nya selaku pemilik host wordpress.com nya, tentunya harganya lebih mahal daripada beli sendiri. Dan btw Automattic itu ada diluar negeri, jadi bayarnya pake kartu kredit atau paypal.


2. Bisa install plugin dan theme di Wordpress.org, tapi nggak di Wordpress.com

Enaknya di wordpress.com, fungsi dasar dan theme udah siap kamu pakai, mau ganti juga terserah kamu, tinggal pilih mana yang mau diaktifin, mana yang di nonaktifin. Tapi, karena pengguna wordpress.com banyak banget, biar ga ada crash, kamu ga bisa upload plugin dan theme sendiri. Jadi kalo kamu nggak nemu ‘add new plugin’ di dashboard wordpress kamu, berarti kamu pake wordpress.org, jangan maksain cari di google gimana cara nongolinnya, ga akan bisa.

Kalo di wordpress.org, kamu cuma dikasih wordpress dasarnya aja. Kalo kamu pengen lebih banyak fungsinya, install lagi pluginnya. Kalo mau ganti theme, install sendiri theme nya. Enaknya, bisa nambahin sebanyak apapun plugin dan theme selama hosting nya masih cukup.


3. Wordpress.com lebih update daripada Wordpress.org

Kalo kamu orang nya paling nggak suka ketinggalan barang update, kayaknya wordpress.com lebih cocok buat kamu. Semua perubahan akan lebih dahulu bisa dirasakan oleh pengguna wordpress.com daripada wordpress.org. Jadi kalo kamu install wordpress.org dan temen kamu yang pake wordpress.com tampilan dashboard wordpress dia berubah drastis, bukan temen kamu yang alay, justru kamu yang telat. Wordpress.org bakal dapet update 1-3 bulan lebih lama daripada wordpress.com

Nah, jadi kalo kamu emang nyari gratisan dan ga apa dengan fitur terbatas, pake wordpress.com, kalo kamu pengen bebas ngapain aja, pake wordpress.org. Terutama kalo kamu berniat bikin toko online, pake wordpress.org, jangan wordpress.com. Wordpress.org lebih ngasih banyak opsi yang bisa kamu atur buat toko online kamu. Tambah theme, pasang plugin toko online, ataupun editing daleman wordpress nya sendiri. Kalo nggak percaya tanya aja ke jasa pembuatan toko online yang kamu tahu, mereka pake nya wordpress.org kok.

Oleh Penulis Tamu : Miftah Abdillah Achmad. Blogger, otaku, sekaligus pengamat teknologi informasi terkini. Berkicau di @miftahgeek dan www.miftahgeek.com

6 comments

  1. dewo11:39

    Wah, boleh juga nih kebetulan anex pake henpon lumia. Sip d bukmark dulu nih laman

    ReplyDelete
  2. riandita22:04

    wah boleh juga nih trik, langsung praktek gan sip!!!!

    ReplyDelete
  3. Bhet'z Bobotoh Persib00:57

    mantap gan triknya

    ReplyDelete
  4. Makasih bro, thank u kunjungannya :)

    ReplyDelete
  5. Terimakasih atas informasinya bro, berguna skali untuk menambah wawasan Mukena Bali

    ReplyDelete
  6. MIRIANA DINA08:54

    bisa ... cuma masih lambet, he he makyum newbie :)) thaxkies ... :)

    ReplyDelete


Copyright © 2016 Photoshop blog dan Blogger