16 August, 2012

Google, Sekilas tentang google dan Mesin Index Google

Akar dari google bermula pada 2005 adalah berkat kerja sama 2 orang mahasiswa dari Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin. Entah awalnya dari imajinasi atau niatan yang kuat membuat google di bangun menjadi perusahaan publik dengan produk utamanya yaitu internet search engine.

Seperti kita tahu sekarang goole telah menjelma menjadi semacam raksasa mesin pencari, dengan berbagai produk-produk pendukung lain di belakangnya. Seperti google search itu sendiri, layanan perikanan ADwords maupun Adsende, layanan flatform blogger (blogspot), layanan email gmail dan masih banyak lagi tentu saja.

Apa itu google?

Google berasal dari kata “googol”, yang berarti 10 pangkat 100. Istilah “googol” di temukan oleh Milton Sirotta, Ia menyebutkan bahwa istilah ini sama dengan sebuah kata yang menunjukan sebuah angka yang sangat besar, kira-kira berkisar melebihi bilangan miliar atau triliun.

Dengan filosofinya, yang cukup “nyeleneh”, menurut saya namun powerfull yaitu : “Don’t be evil, dan kerjasama harus menantang dan menyenangkan”. Kelihatannya slogan itu telah mampu membuat google merajai pasar internet, terbukti google dapat mengalahkan rival-rival raksasa mesin pencari lain seperti AltaVista, Excite, Lycos dan Yahoo.

Mesin Index Google

Tidak jarang para internet marketing, terutama para pemilik website berlomba-lomba menempatkan websitenya dalam posisi teratas dari hasil pencarian google, dengan kata kunci tertentu.

Seperti apa kira-kira proses tersebut sehingga sebuah website bisa terindex oleh google mesin pencari?

Operasi perayapan google atau biasa di sebut Google's crawl, dengan membuat penggunaan kelompok komputer yang sangat besar untuk mengambil atau merayapi sejumlah besar halaman dan baris website. Program yang merayapi tersebut di kenal sebagai Googlebot atau akrab sekali di sebut “spider” atau “robot mesin pencari”. Googlebot menggunakan proses algoritma (algorithmic), dimana komputer menentukan website mana yang sedang di rayapi dan seberapa sering dan berapa banyak halaman link website mengambil dari setiap website lainnya.

Perayapan google di mulai dari, ringkasan URL sebuah situs web, yang di hasilkan dari operasi sebelum crawl (merangkak/merayapi), dan di tambah dengan peta situs (site map) yang di sediakan oleh Google Web Master. Untuk itu link dalam sebuah website memiliki arti yang sangat besar (terkait dengan PageRank), di mana perubahan situs, berapa banyak link di dalam situs, beberapa banyak link di luar situs web ataupun situs yang baru di buat ataupun link mati selalu di up date oleh google untuk memperbaharui hasil index-nya.

Googlebot juga menilai setiap halaman sebuah website merangkak dan mengkompilasi index besar untuk setiap kata dan mengamatinya posisi kata-kata tersebut dalam tiap halaman web. Di samping itu ia juga memproses informasi yang terkandung dalam atribut konten utama dan tag, misalnya tag judul maupun atribut ALT.

Itu sebabnya setiap kali Anda atau seseorang meminta sebuah kata kunci di dalam pencarian google, maka google dapat menampilkannya konten yang cukup relevan dengan kata kunci “bidikan” tersebut.

Dengan banyaknya informasi bertebaran di dunia maya, dan akses para pengguna informasi sangat membutuhkan konten dengan relavansi yang cukup tinggi, untukkebutuhan itu maka goole mesin pencari sudah sangat sangat membantu.


1 comment

  1. ravaline09:19

    belajar SEO itu susah yah, harus banyak tahu tentang dan pastinya baca artikel2 seputar seo yah, ada cara lebih mudah dlm prektek trims info artikelnya, keep ngeblog ^_^

    ReplyDelete


Copyright © 2016 Photoshop blog dan Blogger