13 July, 2010

Mendapat Respon yang baik dari hasil berkomentar

Peringatan Konten : Konten artikel ini sangat keras isinya. Jangan melanjutkan membaca jika Anda bukan orang yang berpikiran terbukaEfek samping : Konten dalam artikel ini bisa menimbulkan marah, kesal bahkan tersinggung jika anda tidak berpikiran terbuka. Namun Jika anda adalah orang yang berpikiran sangat terbuka, silahkan melanjutkan membaca karena ini tidak akan menjadi masalah sama sekali.
----------#----------#----------#----------#-----------

Buat para blogger mania tentu tidak asing dengan istilah blogwalking. Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain dan berimbas pada pencantuman url blog kamu di blog orang lain. Yang paling umum di lakukan dalah mencantumkan url di dalam shoutbox atau di posting form komentar blog yang di kunjungi.

Namun tahukah kamu, keuntungan dari memberikan komentar yang tidak asal-asalan seperti nice share, postingan yang bagus, infonya sangat membantu, atau yang paling ektrim berkomentar denagn tidak ada hubungannya sama sekali dengan tema postingan. Tapi tunggu ada dua kemungkinan kamu berkomentar seperti yang saya contohkan di atas.

1. Kamu memang benar-benar kagum dengan penulisan artikel atau pembahasan blog yang kamu kunjungi, sehingga kamu "bingung" harus berkomentar seperti apa?.
2. Kamu hanya mengambil keuntungan, dari blog yang anda kunjungi. Sebabnya jelas :.

  • a. blog yang anda kunjungi tersebut mempunyai traffic yang bagus, sehingga kamu mengharapkan url link blog kamu di klik oleh para pengunjung blog yang memiliki traffick yang bagus itu untuk di kunjungi.
  • b. blog yang anda kunjungi tersebut, telah berstatus dofollow. Di mana jika kamu meninggalkan url blog atau website kamu di situ kamu akan mendapatkan backlink gratis.

3. Nah ini yang paling parah, kamu tidak membaca sama sekali artikel atau pembahasan (komentar SPAM) yang kamu kunjungi dan langsung berkomentar untuk mendapatkan point a dan c di atas.


Sedikit saran dan masukan.

Jika kamu termasuk golongan yang ke-2 dan 3 dari yang saya jelaskan di atas. Saran dan kritikan saya adalah sebaiknya di hentikan, Karena anda telah berlaku tidak sopan dan tidak menghargai hasil kerja dari orang lain dalam penulisan artikel atau pembahasannya.

Yang sebaiknya anda lakukan adalah :

1. Baca dulu apa maksud sang penulis dalam artikelnya.
2. Berikan komentar yang sesuai topik yang di utarakan.
3. Berikan komentar yang berbobot, tidak harus selalu panjang namun berisi. Apa maksudnya? perhatikan point 1 dan 2 setelahnya, berikan komentar berdasarkan asumsi dan analisis kamu mengenai topik artikel. Bisa dari cara pikir kamu sendiri atau mungkin kamu punya sumber yang bertentangan dari si penulis artikel, kamu berkeberatan dengan isi artikel, atau kamu memang benar-benar menyukai dan menambahkan isi tulisan sesuai dengan pengalaman yang hampir sama dengan topik yang di tulis si empunya blog.

Nah jika point 1,2,3 di atas kamu terapkan secara sungguh-sungguh maka kamu akan mendapat respon yang sangat baik dari pemilik blog tersebut.

Apa keuntunganya, yang pling penting kamu akan mendapatkan kawan baru yang menilai kamu itu orang yang bisa menghargai hasil karya orang lain, plusnya kamu akan mendapat kunjungan balik yang sepadan dan komentar yang berbobot juga dari para pengunjung blog kamu. Tidak percaya silahkan lihat beberapa artikel saya yang mendapat respon sangan baik dari pengunjung blog saya. (note: tidak semuanya sich!, masih ada saja beberapa pengunjung yang spam dan komentar asal-asalnya dan memang itu tdk bisa di hindari.)

Kode Hilang di postingan Blogger
Membuat Artikel yang menarik untuk postingan blogger
Curhat Versi Blogger
Tanda Kasih untuk seorang Sol Sepatu
Memang Ga bisa bohong masih ingat dia

Well, semua pilihan ada di tangan kamu. Kembalikan saja jika ada yang berkomentar yang "ngga banget", di blog kamu apa yang kamu rasakan?. Nah kalo sudah di balikkan ke dalam diri sendiri sekarang saatnya memparbaiki.

Berkomentarlah dengan pembahasan yang menarik, ber-sahabat dan yang paling penting jangan mengambil keuntungan, Keuntungan akan datang sendiri jika hati kita tulus. Dan tidak ada jalan lain ketulusan tersebut adalah Persahabatan.

Salam ngeblog, salam blogger Indonesia dan jadilah komentator yang berguna, kritis dan tidak asal-asalan.

7 comments

  1. Tapi tergantung orangnya juga si, kalau mang dah akrab & hobinya blogwalking kadang komen cuma buat menyapa doangm terutama di blog yang ga pake shoutmix dkk.
    Tapi kalau ada yg nyepam sy biasanya apus langsung ga kasih ampun, soalnya kalau dibiarin suka balik lagi bawa temen2nya haha, biasanya si blog yang jualan gitu, komennya cuma link doang malah sering ga nyambung sama artikel

    ReplyDelete
  2. yap! bener banget tuch!.. mang suka ga beres terutama yang koment ga nyambung sama artikel! "jaka sembung bawa goblog". apalagi golongan spammer! waduh iso repot.. tenan he he he he

    ReplyDelete
  3. mantab sekali gan, memang kebanyakan para blogger komentarnya banyak yng menjurus ke arah sana, biasanaya banyak yang promosi saja, hehehehe.... sukses selalu gan, maju terus

    ReplyDelete
  4. TIps yang bermanfaat bro, kadang saat kita ingin blogwalking memang inginnya cuma cari backlink aja, sehingga komentarnya asal-asalan. Tapi jika didukung dengan isi posting yang menarik, biasanya pengunjung akan senang membaca dan memberikan komentar yang baik juga.

    ReplyDelete
  5. artikel yang gokil..
    buat para bloger wajib kudu baca apa lagi bloger copast (copy-paste) hah
    merugikan org lain

    ReplyDelete
  6. Aduh..kok jadi bingung,,(masuk golongan no 1 ya???), aku cuma bisa bilang..terima kasih informasinya, bagi saya pemula berguna banget.

    ReplyDelete
  7. efek samping dari seorang blogger adalah kemalasan untuk membaca dan menyimak karya orang lain, sehingga benar kata jack miller seorang penulis fiksi ilmiah...bahwa hal yang terberat dalam hidup manusia adalah berpikir, oleh karena itu sedikit orang yang rela untuk berpikir walau kadang hal itu adalah keuntungan bagi dirinya. lalu dengan nulis...mungkin suatu hal yang banyak menjadi alasan adalah kalau tidak bisa nulis artikel, masalahnya bukan tulisan, tinggal kita mau gak belajar. itu saja kok repot, iya nggak bro. saya dulunya bukan penulis, namun saya juga belajar walau sampai sekarang saya akui kalau tulisan saya kadang gak nyambung. tapi saya berani walau saya sadar kalau saya banyak melakukan kesalahan. itulah bro...hal ini banyak terjangkit pada kawan2 blogger, lalu beralasan gak banyak pengunjung jadinya malas nulis. kadang saya berpikir maunya jadi blogger artis tapi gak lihat kebobrokan blog sendiri. semoga aja ini dapat menjadi pencerahan baru bagi blogger lainnya, termasuk kita sahabat. dan semoga melalui artikel ini kita semua dapat disadarkan kalau menjadi seorang blogger itu bukan menjadi artis, tapi menjadi kritis terhadap diri sendiri yang lagi meringis menangisi nasib yang kian miris pada saat hujan gerimis. heheheee ok makasih atas pencerahannya dan semangat bro.

    ReplyDelete


Copyright © 2016 Photoshop blog dan Blogger