19 June, 2010

Efek Horor Topeng Panji Tengkorak


Jadi ingat film jaman dulu kira-kira tahun 80an. Judulnya Panji Tengkorak. kalo nggak salah pemerannya Barry Prima aktor laga yang maco itu. Panji Tengkorak adalah Icon Indonesia, jagoan mirip Batman yang menyembunyikan jati dirinya di balik topeng dan memerangi kejahatan. Nah terinspirasi dari itu saya mau buat tutorial efek horor topeng Panji tengkorak ini.

Siapkan Photo seperti ini :

Seleksi, pada bagian mukanya saja dengan mengunakan Magnetic Lasso Tool

Setelah Seleksi selesai lanjutkan dengan langkah berikut :

Tekan Ctrl +c untuk mencopy layer
& Tekan Crtl +J Untuk Duplicate Layer/menggandakan layer terpilih



Sorot pada Layer 1 Klik Image > Adjustments > Invert


Sorot pada Layer Background, Klik Add Vector Mask (letaknya di bawah Layer Panel, lihat gambar di atas)





Kilk Created New Layer, Kemudian tekan Ctrl+V (untuk mengandakan layer).


Nah sudah di gandakan gambarnya, namun letaknya agak kurang baik perbaiki letaknya dengan move tool lalu setelahnya Beri nama Layer2 dengan nama Muka. Sudah Drag Layer Muka menjadi di atas Layer1, caranya klik pada layer Muka kemudian Drag dan pindahkan ke atas layer1 jadinya akan seperti gambar layer panel di bawah ini)


Dan sekali lagi perbaiki letak layer Muka pada gambar dengan Move tool, sehinnga gambar tampak seperti semula.


Langkah selanjutnya adalah buka gambar tengkorak seperti ini:

Seleksi dengan mengunakan Magnetic Lasso Tool dan Drag Ke gambar. Dan beri nama layer tersebut menjadi Torak

Turunkan Opacity untuk mempermudah peletakkan gambar. Gunakan Juga Free Transform (klik Ctrl+T) dan apply.

Kembalikan Opacity menjadi 100% Kembali

Masih sorot Layer Torak > Tekan Ctrl+Klik Pada Layer Muka, untuk menseleksi layer muka. Sudah seeep lanjut. Klik lagi Add vector Mask di bawah panel Layer. Kemudian terapkan Linear Burn pada Layer Torak.
Sekarang Sorot Layer Torak, Klik Blur Tool (Brush 19, Mode Normal, Strength:50%) dan, buat blur di sekitar pinggiran wajah.

Terakhir sorot Layer Muka, Klik Burn tool (Brush 9, Range Midtones, Exporsure 30%) untuk membuat bayangan hitam di sekitar pinggiran wajah, dan selesai dech. hasil akhirnya seperti ini :


Oke Beres sudah jadi tuch efek horor Topeng Panji Tengkorak, tapi kok cewek. Ha ha ha Panji tengkorak yang cowoknya udah pensiun sekarang, ganti cewek itung-itung emansipasi, he he he.. salam Photoshop'ers.

3 comments

  1. Panji Tengkorak Berasal dari komik awalnya, Pada awal Tahun 70-an. Tokoh Panji Tengkorak ini di ciptakan oleh Hans Jaladara. Laki-laki kelahiran Kebumen 4 April 1947.

    Panji Tengkorak adalah jagoan, yang selalu menyeret peti mati kemana-mana dan juga ia selalu menyembunyikan wajah tampannya di balik topeng tengkorak, untuk menutupi jati dirinya.

    Komik ini sangat terkenal di jamannya bahkan sampai sekarang. Pernah di buat film layar lebar dan juga yang paling mengejutkan adalah pernah di buat tesis mengenai Panji Tengkorak ini oleh seorang sastrawan dan budayawan Seno Gumi-ra Ajidarma.

    ReplyDelete
  2. wah keren bro efeknya, bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  3. Monggo Di coba dinno! pake Photoshop 7.0. Nich effeknya... he he he

    ReplyDelete


Copyright © 2016 Photoshop blog dan Blogger